Jumat, 09 Mei 2008

UJIAN SISIPAN MATA KULIAH ELECTRONIC BUSINESS

Soal 1
Pengetahuan yang diperoleh dari perkuliahan Electronic Business ini adalah terdapat cara lain dalam menjalankan bisnis yang bisa berdampak lebih efisien, efektif, lebih mudah untuk dilaksanakan dan mempunyai prospek yaitu melalui elektronik, selain sebelumnya dengan cara tradisional yang telah kita ketahui dimana kita selalu harus bertemu dengan rekan bisnis kita. Dengan bantuan teknologi kita bisa menjalankan bisnis melalui elektronik ini, dimana kita akan lebih mudah dalam menjalankan bisnis karena kita tidak harus mempunyai waktu yang sangat banyak untuk berbisnis dengan orang lain (social). Dalam perkuliahan ini juga kita mengetahui bagaimana untuk memulai suatu bisnis dengan cara Electronic Business dan bagaimana kita menjalankan/ mengoperasikan bisnis dengan cara elektronik ini.
Pengaruh pada kehidupan dan pekerjaan di masa yang akan datang adalah dengan terbukanya wawasan tentang E-Business, maka dengan memakai/menerapkan E-Business akan lebih memberikan kemudahan dalam keseharian dan pekerjaan, misalnya dalam memesan barang atau menjual barang akan lebih mudah.

Soal 2
Perkuliahan Electronic Business ini merubah pemikiran akan teknologi E-Business pada oganisasi.
Teknologi E-Business dalam organisasi akan merubah system operasional dalam oganisasi, karena organisasi yang semula hanya beropersional dengan cara manual dan tradisional akan berubah menjadi elctronical dalam pelaksanaan bisnisnya. Oganisasi akan memperoleh banyak kemudahan dan fasilitas, juga akan mendapatkan market yang lebih luas. Dengan E-Business juga organisasi memperoleh sarana publikasi dan promosi yang mempunyai potensi pasar yang luas dan tak terhingga. Dan yang paling utama adalah organisasi dapat memperoleh keuntungan dari E-Business.

Soal 3
Kepercayaan sangat penting dalam E-Business, karena proses bisnis yang terjadi pada E- Business tidaklah mempertemukan orang-orang (society) yang melakukan bisnis ataupun misalnya barang yang akan diperjual-belikan diperlihatkan bentuknya, tetapi proses bisnis yang dilakukan hanya berupa informasi bahkan mungkin hanya dalam bentuk gambar, dll. Kepercayaan sangat penting, karena hanya dengan informasi proses bisnis dapat berlangsung. Penyalah gunaan kepecayaan dalam E-Business pun sering terjadi, maka kita pun harus meminimalisir resiko-rresiko yang mungkin terjadi dalam E-Business.
Ukuran pada E-Business organisasi adalah :
• Para pelaku E-Business harus dijaga privasinya
• Adanya jaminan keamanan dari penyedia, dari mulai transaksi, pembayaran, sampai dengan barang sampai di tangan konsumen
• Adanya pihak-pihak yang akan bertanggung jawab dan berkompeten terhadap transaksi tersebut
Amazon dan Yahoo memberikan jaminan kepercayaan kepada merchant yang menggunakan fasilitasnya :
 Adanya term of agreement yang diproteksi oleh jaminan hukum
 Adanya data-data dari hasil usaha e-business sebelumnya sehingga diketahui kewajaran bisnis suatu pihak tertentu.
 Proses penawaran dan penjualan dilakukan dengan peraturan yang menjamin kelancaran penawaran dan penjualan.

Soal 4
E-commerce merupakan bagian sangat penting dari E-business karena dengan E-commerce akan menghidupkan E-business dan terjadinya transaksi yang menguntungkan.
E-business lebih fokus kepada penggunaan teknologi informasi untuk menjalankan suatu bisnis yang memberikan suatu hasil, memberikan dampak yang besar terhadap bisnis secara keseluruhan. Sementara E-commerce mengarah pada penggunaan internet untuk purchase secara on-line, seperti contoh : belanja produk atau jasa. Pemasaran dilakukan melalui internet untuk riset pasar, untuk merekrut orang sekaligus promosi. Yang menjadi kunci dalam memenangkan persaingan adalah siapapun yang memiliki mobile commerce dan wireless commerce dapat dengan cepat menyampaikan info directly, tanpa adanya hambatan ruang dan waktu.
Hambatan dalam implementasinya antara lain :
• Belum adanya cyber law, cyber policy, dan badan setingkat Menteri di Indonesia untuk memfasilitasi penggunaan secara maksimal wahana 3C (computer, communication, dan content).
• Masih banyaknya perusahaan yang belum memanfaatkan ataupun mengimplementasikan e-business dalam menjalankan bisnisnya
• Sarana komunikasi terkadang hanya digunakan untuk berkomunikasi dan mengirimkan pesan, belum banyak yang memanfaatkan secara penuh konten-konten yang ada di dalam media komunikasi tersebut.

Soal 5
ERP merupakan tulang punggung dari operasi E-Business karena ERP berfungsi sebagai media pengintegrasi fungsi-fungsi manajemen menjadi suatu sinergi yang merupakan hal yang penting dalam mengimplementasikan e-business.
Dengan E-business dapat menjadi media promosi bagi perusahaan tempat saya bekerja, dimana dengan E-business dapat diperkenalkan produk-produk dari perusahaan kita. Dan produk yang diperkenalkan dikoordinasikan dan dibentuk oleh staff dengan menggunskan ERP.

Tidak ada komentar: